Submit

Sistem Ekskresi (Sistem Pengeluaran) pada Manusia

Tubuh manusia merupakan tempat berlangsungnya berbagai proses metabolisme. Metabolisme adalah perubahan kimia, dengan bantuan enzim yang terjadi di dalam tubuh organisme.Proses metabolisme menghasilkan energi dan zat yang berguna bagi kehidupan . Selain itu, juga terbentuk zat sisa yang merupakan racun bila tetap berada di dalam tubuh. Oleh karena itu, zat sisa harus dikeluarkan dari tubuh melalui sistem ekskresi.
Sistem ekskresi pada manusia dan Vertebrata terdiri atas ginjal, kulit, paru-paru dan hati.
A. Ginjal (Kidney)
Ginjal manusia berwarna merah kecoklat-coklatan, berbentuk seperti kacang merah, berukuran sebesar kepalan tangan, dan jumlahnya sepasang.
Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dan menghasilkan urine.
1. Bagian – Bagian Ginjal
Bentuk ginjal yang sudah diiris membujur dapat dilihat pada gambar di bawah ini.



2. Proses pembentukan Urine
Urine terbentuk melalui serangkaian proses yaitu dimulai dari penyaringan (filtrasi), penyerapan kembali (reabsorpsi), dan pengeluaran zat (augmentasi).
3. Sistem Uriner
Urine dari rongga ginjal dialirkan melalui ureter menuju kandung kemih. Jika kandung kemih sudah cukup banyak mengandung urine, maka dinding kandung kemih menjadi tertekan sehingganya tekanan inilah yang menimbulkan rasa ingin buang air kecil. Selanjutnya, urine dikeluarkan melalui saluran pembuangan yang disebut uretra.
B. Kulit (Skin)
Kulit adalah lapisan jaringan yang terdapat di permukaan tubuh. Pada permukaan kulit terdapat kelenjar keringat yang mengekskresi zat-zat sisa. Zat-zat sisa yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit berupa keringat yang tersusun dari air dan garam-garam mineral terutama garam dapur (NaCl) yang merupakan hasil metabolisme protein.
1. Bagian-bagian Kulit
Kulit manusia tersusun dari tiga laisan, yaitu kulit ari (epidermis), kulit jangat (dermis), dan jaringan ikat bawah kulit (hipodermis)
2. Fungsi Kulit
Selain sebagai alat pengeluaran, fungsi kulit sebagai berikut :
a. Pengatur suhu tubuh.
b. Pelindung tubuh dari gangguan fisik berupa tekanan, gangguan biologis berupa jamur dan gangguan yang bersifat kimiawi.
c. Tempat penyimpanan kelebihan lemak.
d. Tempat pembentukan vitamin D dari provitamin D dengan bantuan sinar matahari.
e. Tempat indera peraba dan perasa.

C. Hati (Liver)
Hati merupakan kelenjar terbesar pada manusia, warnanya merah tua, dan massanya lebih kurang 2 kg. Hati terbagi dalam dua belahan utama, yaitu belahan kanan dan kiri.
Hati berperan sebagai alat ekskresi sekaligus alat sekresi, karena hati menghasilkan cairan empedu yang berguna dalam proses pencernaan lemak.
1. Bagian-bagian Hati
2. Fungsi Hati
Selain sebagai alat pengeluaran, hati berfungsi sebagai berikut :
a. menyimpan gula dalam bentuk glikogen.
b. menawarkan racun.
c. mengubah provitamin A menjadi vitamin A.
d. mengatur kadar gula dalam darah.
e. membuat fibrinogen serta protombin.
f. tempat pembentukan urea
g. menghasilkan cairan empedu

D. Paru-paru
Selain sebagai alat pernafasan, paru-paru juga sebagai alat ekskresi yaitu mengeluarkan karbondioksida dan uap air.
Paru-paru terletak dalam rongga dada dan bagian bawahnya menempel pada diafragma.
 SUMBER : SMPN 7 BOGOR

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari ZIDHIAN ONLINEblogspot.com di inbox anda:


0 komentar:

Post a Comment

ZIIDHIAN ONLINE - Blog ini berisi Tips, Software, Aplikasi, Game, Trik Facebook, Trik Bloging dan Masih Banyak Lagi.
Terima Kasih atas kunjungannya, jangan lupa datang lagi ya....hehe

 

Pengikut

Jejaring Sosial


About Ardhian

Ardhian Eka PradityaArdhian Eka Praditya dan lebih sering disebut Zidhian memulai kegiatan blogging sejak tahun 2011. Saat ini dia mencoba memasuki dunia blogging dan suka mengedit tampilan blognya

Anda dapat menemukan ZIDHIAN pada Twitter, Facebook dan Google+ dan Anda juga dapat menghubunginya di ardhian.wongjawa[at]gmail.com

Total Pageviews